Beranda » » » Tanda Penyakit Jantung dan Penyebabnya

Tanda Penyakit Jantung dan Penyebabnya

13-12-2018 | Jantung,

Tanda Penyakit Jantung dan Penyebabnya - Serangan jantung adalah penyakit di mana gejala cukup untuk dirasakan. Nyeri dada sebagai objek berat (sedang sampai berat) adalah gejala yang paling umum. Nyeri juga bisa terjadi di rahang, bahu atau lengan (terutama di lengan kiri). Nyeri sering digambarkan sebagai diperas, berat atau depresi.

Serangan jantung dapat terjadi secara tiba-tiba, tetapi terkadang tanda dan gejala pertama dapat muncul sebelum serangan jantung. Gejala pertama biasanya adalah nyeri dada atau angina. Kondisi ini dipicu oleh kelelahan saat bekerja dan menenangkan diri. Angina sendiri terjadi karena suplai darah ke jantung menurun.

Tanda dan Gejala Awal Penyakit Jantung

Berkeringat
Napas pendek
Tekanan jantung yang cepat atau tidak beraturan
Mual
Gangguan pencernaan
Ketidaknyamanan, tekanan, berat, atau nyeri di dada, lengan, atau di bawah tulang dada.
Ketidaknyamanan menjalar ke punggung, rahang, tenggorokan, atau lengan.
Perut terasa penuh, gangguan pencernaan, atau perasaan tersedak (mungkin merasa seperti maag).
Berkeringat, mual, muntah, atau pusing.
Kelemahan, kecemasan, atau sesak napas yang berat.
Detak jantung yang cepat atau tidak teratur.

Penyebab Penyakit Jantung

Serangan jantung adalah penyakit yang dapat disebabkan oleh penyakit arteri koroner. Kondisi ini terjadi ketika zat lilin yang disebut plak menumpuk di arteri koroner. Arteri inilah yang membawa darah beroksigen ke jantung. Ketika plak terbentuk di arteri selama bertahun-tahun, itu juga disebut arteriosclerosis. Akhirnya, area plak itu sendiri dapat pecah (terbuka) di arteri dan membentuk gumpalan pada permukaan plak.

Penyebab lain infark miokard, meskipun kurang umum, adalah kejang parah (penyempitan) di arteri koroner yang menghentikan aliran darah. Dalam arteri koroner, yang tidak terpengaruh oleh arteriosklerosis, kejang bisa terjadi. Kondisi ini biasanya karena konsumsi rokok atau obat-obatan terlarang seperti kokain.

Penyebab langsung serangan jantung paling mendadak adalah irama jantung yang abnormal. Aktivitas listrik jantung menjadi kacau dan tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh.

Kondisi yang dapat memicu serangan jantung mendadak meliputi:

Penyakit arteri koroner. Ini adalah penyebab paling umum dari serangan jantung mendadak pada orang yang lebih tua dari usia 35 tahun.
Bila Anda memiliki kondisi ini, otot jantung Anda menjadi membesar atau tebal, sehingga otot jantung melemah.
Sindrom QT-panjang dan sindrom Brugada. Gangguan ini merupakan gangguan sistem listrik jantung yang bisa menyebabkan irama jantung abnormal.
Sindrom Marfan. Kelainan bawaan ini dapat menyebabkan bagian dari jantung meregangkan dan menjadi lemah.
Cacat jantung lahir (penyakit jantung kongenital). Jika Anda telah menjalani operasi untuk memperbaiki kelainan kongenital jantung, Anda masih berisiko untuk serangan jantung mendadak.

Tanda Penyakit Jantung dan Penyebabnya


Tags : tanda penyakit jantung tanda penyakit jantung pada wanita tanda penyakit jantung pada pria tanda penyakit jantung koroner tanda penyakit jantung pada anak tanda penyakit jantung pada bayi tanda penyakit jantung lemah tanda penyakit jantung bawaan tanda penyakit jantung kambuh tanda penyakit jantung pada ibu hamil tanda penyakit jantung sudah parah tanda penyakit jantung bocor tanda penyakit jantung kronis tanda penyakit jantung rematik tanda penyakit jantung ringan tanda penyakit jantung bawaan pada bayi tanda penyakit jantung bawaan pada anak tanda penyakit jantung bengkak tanda penyakit jantung tersumbat tanda penyakit jantung keturunan tanda penyakit jantung berdebar tanda penyakit jantung awal tanda penyakit jantung akut tanda sakit jantung apa tanda tanda penyakit jantung adalah tanda tanda penyakit jantung akan sembuh tanda tanda penyakit jantung angina tanda sakit jantung peringkat awal tanda sakit jantung pada anak tanda awal penyakit jantung pada wanita apa tanda penyakit jantung tanda awal penyakit jantung koroner tanda gejala awal penyakit jantung tanda bayi ada penyakit jantung tanda tanda adanya penyakit jantung tanda penyakit jantung bocor pada bayi tanda penyakit jantung berlubang tanda penyakit jantung bayi tanda sakit jantung bagi wanita tanda sakit jantung berlubang tanda sakit jantung berlubang pada bayi tanda sakit jantung bocor tanda sakit jantung bawaan tanda-tanda penyakit jantung berlubang pada bayi tanda-tanda penyakit jantung berair tanda awal sakit jantung bagi wanita tanda dan gejala penyakit jantung bawaan pdf batuk tanda penyakit jantung tanda bahaya penyakit jantung Tanda Penyakit Jantung dan Penyebabnya - Serangan jantung adalah penyakit di mana gejala cukup untuk dirasakan. Nyeri dada sebagai objek berat (sedang sampai berat) adalah gejala yang paling umum. Nyeri juga bisa terjadi di rahang, bahu atau lengan (terutama di lengan kiri). Nyeri sering digambarkan sebagai diperas, berat atau depresi.

Info lain terkait : Tanda Penyakit Jantung dan Penyebabnya

Tanda dan Gejala Penyakit Varikokel

Tanda dan Gejala Penyakit Varikokel - Varikokel ini umumnya tidak memiliki gejala, akan tetapi beberapa penderitanya merasa tidak nyaman atau bahkan rasa sakit pada bagian ...

Penyebab Hipertensi atau Darah Tinggi

Penyebab Hipertensi atau Darah Tinggi - Darah tinggi dibagi menjadi dua, yaitu hipertensi primer & sekunder. Hiertensi primer ini tidak diketahui penyebabnya secara spesifik, sedangkan ...

Waspadai Alzheimer, Penyakit Hilang Ingatan Pada Usia Muda

Waspadai Alzheimer, Penyakit Hilang Ingatan Pada Usia Muda - Penyakit hilang ingatan bernama Alzheimer ini ialah penyakit yang berhubungan dengan adanya gangguan pada ingatan yang ...

Diagnosis Penyakit Kolesterol Tinggi

Diagnosis Penyakit Kolesterol Tinggi - Kadar kolesterol dalam darah mampu diukur dengan tes kolesterol dengan cara menggunakan sampel darah, dimana sampel darah ini nantinya akan ...

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik - Stroke ialah sebuah keadaan dimana aliran darah mengalami keadaan darurat berupa pecahnya pembuluh darah ataupun bisa karena ...