Beranda » » » Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2

Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2

13-12-2018 | Diabetes,

Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2 - Perawatan diabetes tipe 1 bertujuan untuk menormalkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi. Tingkat gula darah pasien dipertahankan antara 80-130 mg / dL sebelum makan dan di bawah 180 mg / dL dua jam setelah makan.

Pengobatan Diabetes Tipe 1

Berikan insulin
Insulin diberikan beberapa kali sehari. Donasi dibuat dengan suntikan karena insulin dicerna dari perut dan tidak bisa masuk ke aliran darah ketika diberikan sebagai pil. Dokter akan mengajari pasien cara menyuntikkan insulin sehingga dapat dibuat mandiri di rumah. Pasien juga akan diberitahu cara menyimpan insulin dan membuang jarum dengan benar.

Jenis insulin yang diberikan adalah kombinasi dari insulin kerja cepat dan insulin kerja panjang dengan dosis injeksi dua kali sehari atau dapat ditingkatkan menjadi 3-4 suntikan setiap hari.

Selain suntikan, insulin juga dapat diberikan dengan pompa insulin. Pompa insulin adalah ukuran ponsel dan memiliki tabung yang terhubung ke kateter. Kateter dapat dimasukkan ke dalam perut, lengan, pinggul, paha atau bokong pasien. Pompa dapat menempel pada sabuk atau dimasukkan ke dalam saku celana.

Pompa insulin diprogram sehingga insulin secara bertahap disuntikkan ke dalam tubuh secara terus menerus. Ini untuk menjaga kadar gula darah selalu normal. Selama makan, pasien dapat meningkatkan kadar insulin tergantung pada jumlah karbohidrat yang dikonsumsi.

Perawatan dengan insulin harus disertai dengan tes glukosa darah rutin untuk memastikan bahwa itu selalu dalam kisaran normal. Ini karena kadar gula darah dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti olahraga, obat-obatan dan kondisi kesehatan umum. Pada wanita, kadar gula darah juga dipengaruhi oleh perubahan hormon selama menstruasi.

Olahraga
Pasien perlu berolahraga, misalnya berjalan atau berenang. Lakukan setidaknya 150 menit seminggu dan jangan kehilangan lebih dari 2 hari tanpa olahraga. Pada anak-anak, satu jam dapat dilatih setiap hari.

Untuk olahraga teratur, dianjurkan untuk mengontrol gula darah lebih sering. Dengan cara ini, asupan makanan dan dosis insulin diberikan sesuai kebutuhan oleh tubuh.

Pengobatan Diabetes Tipe 2

Operasi bariatrik

Obesitas adalah salah satu faktor yang diyakini menyebabkan diabetes tipe 2.

Diet dan Olahraga
Metode ini harus digunakan untuk mengobati diabetes, termasuk diabetes tipe 2. Selain menurunkan kadar gula darah, mengambil gaya hidup sehat melalui olahraga teratur dan makanan bergizi seimbang dapat mengurangi risiko komplikasi.

Para dokter menyarankan agar pasien makan makanan tinggi serat dan rendah lemak. Tanyakan kepada dokter Anda tentang jenis makanan yang cocok untuk konsumsi manusia, jenis latihan, dan frekuensi yang direkomendasikan. Ketentuan diet dan olahraga untuk setiap orang dapat bervariasi tergantung pada kondisi tubuh Anda.

Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2


Tags : Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2 - Perawatan diabetes tipe 1 bertujuan untuk menormalkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi. Tingkat gula darah pasien dipertahankan antara 80-130 mg / dL sebelum makan dan di bawah 180 mg / dL dua jam setelah makan.

Info lain terkait : Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2

Diagnosis Penyakit Kolesterol Tinggi

Diagnosis Penyakit Kolesterol Tinggi - Kadar kolesterol dalam darah mampu diukur dengan tes kolesterol dengan cara menggunakan sampel darah, dimana sampel darah ini nantinya akan ...

Pengertian Tentang Apa Itu Penyakit Bells Palsy

Pengertian Tentang Apa Itu Penyakit Bells Palsy - Penyakit Bells palsy adalah suatu kelumpuhan pada area wajah yang mengenai pada salah satu sisi otot wajah ...

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik - Stroke ialah sebuah keadaan dimana aliran darah mengalami keadaan darurat berupa pecahnya pembuluh darah ataupun bisa karena ...

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Bells Palsy

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Bells Palsy - Bells palsy terjadi saat sistem syaraf yang mengontrol otot pada area muka tertekan atau mengalami iritasi, penyebab tertekan ...

Pahami Tentang Penyakit Lupa Ingatan Amnesia dan Demensia

Pahami Tentang Penyakit Lupa Ingatan Amnesia dan Demensia - Hilang ingatan atau amnesia ialah gangguan yang menyebabkan seseorang tidak mampu mengingat informasi, kejadian dan pengalaman ...