Beranda » » » Pahami Tentang Penyakit Lupa Ingatan Amnesia dan Demensia

Pahami Tentang Penyakit Lupa Ingatan Amnesia dan Demensia

10-12-2018 | Amnesia,

Pahami Tentang Penyakit Lupa Ingatan Amnesia dan Demensia - Hilang ingatan atau amnesia ialah gangguan yang menyebabkan seseorang tidak mampu mengingat informasi, kejadian dan pengalaman yang pernah dialami. Tak hanya itu penderita amnesia juga akan sulit dalam membuat ingatan baru.

Hilang ingatan atau amnesia ini mampu terjadi secara mendadak dan berkembang secara perlahan, dimana kondisinya menjadi sebuha gejala dari suatu masalah kesehatan yang lebih serius. Amnesia ini sering dihubungkan dengan demensia, dimana demensia ini ialah sebuah kondisi yang juga mengganggu daya ingat.

Akan tetapi keduanya ini berbeda, dimana Demensia ini menyebbakan penurunan fungsi koginitif dan gal tersebut tidak terjadi pada amnesia. Amnesia ini juga dikenal dalam bahasa medis disebut dengan sindrom amnesik, hal yang dapat menyebabkan amnesia tak hanya demensia saja, namun bisa juga stroke dan cedera kepala maupun pendarahan otak.

Lebih akut dari sekedar kehilangan memori, namun amnesia ini juga mampu menganggu kemampuan mengasilkan memori baru, mnesia bisa sementara bisa juga permanen.

Kondisi Umum Penderita Amnesia

Amnesia secara umum biasanya karena adanya akibat dari kondisi kesehetan yang lebih serius, seperti karena adanya stroke, cedera kepala ataupun dementia.
Adapun beberapa faktor yang membuat seseorang rawan terkena amnesia, dimana amnesia ini mampu menjangkit pria maupun wanita akan tetapi lebih banyak menjangkit pada wanita.
Saat otak tak mampu lagi menyimpan info dan kejadian yang telah dialami, amnesia ini di artifisialkan sebagai suatu keadaan dimana seorang penderitanya tidak mampu mengingat peristiwa yang lama ataupun yang baru.

Jenis - jenis Amnesia

Blackout Amnesia : Dimana seseorang penderitanya amnesia dibawah pengaruh alkohol
Sindrom Korsakoff : Saat seseorang sangat kekurangan gizi.
Amnesia Infantil : Seseorang yang sudah dewasa namun tidak mampu mengingat kembali peristiwa secara mendalam sebelum usia 2-5 tahun.
Amnesia Pasca-Trauma : Penyakit yang terjadi setelah adanya cedera otak.
Transient Global Amnesia : Penderita akan kehilangan kejadian yang baru saja ia alami dan kejadian tersebut akan hilang total.
Amnesia Disosiatif : ketidakmampuan penderita mengingat informasi pribadi yang sangat penting.
Amnesia Lakunar : Dimana penderitanya akan mengalami kehilangan daya ingat kejadian kejadian terntentu secara random.
Amnesia Retrograde : Penyakit amnesia yang akan membuat penderitanya merasa kesulitan untuk mendapatkan kembali ingatan yang sudah terjadi di masa lalu.
Amnesia Anterograde : Sebuah gangguan daya ingat di mana peristiwa masa lalu masih menempel begitu lekat pada memori seseorang.

Pahami Tentang Penyakit Lupa Ingatan Amnesia dan Demensia


Info lain terkait : Pahami Tentang Penyakit Lupa Ingatan Amnesia dan Demensia

Penyebab Kolesterol Tinggi Di Usia Muda dan Pengobatannya

Penyebab Kolesterol Tinggi Di Usia Muda dan Pengobatannya - Banyak faktor yang mempengaruhi adanya kolesterol tinggi terutama gaya hidup, kami sajikan di bawah ini faktor ...

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik - Stroke ialah sebuah keadaan dimana aliran darah mengalami keadaan darurat berupa pecahnya pembuluh darah ataupun bisa karena ...

Cara Mengobati Wasir Ambeien Secara Alami

Cara Mengobati Wasir Ambeien Secara Alami - Ambeien atau wasir mampu disebabkan oleh berbagai macam faktor, bisa karena mengejan terlalu keras dan terlalu lama duduk. ...

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Bells Palsy

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Bells Palsy - Bells palsy terjadi saat sistem syaraf yang mengontrol otot pada area muka tertekan atau mengalami iritasi, penyebab tertekan ...

Apa itu Penyakit Rematik ?

Apa itu Penyakit Rematik ? - Penyakit Rematik adalah penyakit yang menyebabkan rasa sakit dari otot atau sendi yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan. Rematik terdiri ...