Beranda » » » Mengenal Penyakit Diabetes Dan Jenisnya

Mengenal Penyakit Diabetes Dan Jenisnya

13-12-2018 | Diabetes,

Mengenal Penyakit Diabetes Dan Jenisnya - Gula atau dalam bahasa ilmiah disebut sebagai glukosa ialah sebuah sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Dimana kadar gula dalam darah ini disetir oleh hormon insulin yang di produksi oleh pankreas, pankreas ini terletak di bagian belakang lambung.

Pada penderita gula darah tinggi, sehingga pankreas tidak mampu memproduksi insulin sesuai kebutuhan tubuh. Tanpa insulin sel sel tubuh tidak mampu menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Diabetes adalah penyakit yang berlangsung kronis yang ditandai dengan kadar glukosa darah yang terlampau tinggi di atas nilai semestinya. Gula darah yang menumpuk akibat tidak adanya penyerapan dari sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai ganguan organ dalam tubuh, apabila diabetes ini tidak mampu dikontrol dengan baik dapat timbul berbagai komplikasi membahayakan nyawa penderita.

Jenis jenis Diabetes

Diabetes Tipe 1
Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel pankreas yang memproduksi insulin, nah hal ini mengakibatkan meningkatnya kadar gula darah sehingga yang terjadi ialah kerusakan pada organ tubuh.
Diabetes tipe 1 ini dikenal dengan sebutan diabetes autoimun, pemicu timbulnya autoimun ini masih belum di ketahui secara jelas namun dugaan terkuat ialah karena adanya faktor genetik dari penderita yang dipengaruhi oleh lingkungan.

Diabetes Tipe 2
Diabetes tipe 2 ini merupakan jenis diabetes yang paling sering terjadi, dimana diabetes ini disebabkan karena oleh adanya sel sel tubuh yang kurang sensitif terhadap insulin sehingga yang terjadi insulin yang dihasilkan tidak mampu digunakan dengan baik.

Sekitar 90-95% penderita diabetes di seluruh penjuru dunia kebanyakan menderita diabetes ini. Tak hanya dari kedua jenis ini ada juga diabetes yang di derita khusus oleh wanita hamil yang dinamakan dengan diabetes gestasional. Dimana diabetes ini terjadi pada wanita hamil yang disebabkan karena adanya perubahan hormon dan gula darah, diabetes ini akan kembali normal setelah menjalani persalinan.

Tes glukosa darah adalah tes mutlak untuk mendiagnosis tipe 1 atau 2. Hasil pengukuran glukosa darah menunjukkan apakah seseorang menderita diabetes atau tidak. Dokter akan merekomendasikan bahwa pasien menjalani tes glukosa darah pada waktu dan metode tertentu.

Metode pengukuran glukosa darah yang dapat dilakukan oleh pasien, termasuk:

Tes Glukosa Darah
Dengan tes ini, kadar gula darah harus diukur secara acak pada waktu-waktu tertentu. Dalam tes ini, pasien tidak harus berpuasa dulu. Ketika hasil tes gula darah terjadi pada kadar gula 200 mg / dl atau lebih, pasien dapat didiagnosis dengan diabetes.

Tes Gula Darah
Tes ini dirancang untuk mengukur kadar gula darah ketika pasien berpuasa. Pasien diminta untuk berpuasa selama 8 jam, kemudian sampel darah diambil untuk mengukur kadar gula darah. Hasil tes gula darah puasa, yang menunjukkan tingkat gula darah kurang dari 100 mg / dl, menunjukkan kadar glukosa darah normal. Hasil tes glukosa puasa antara 100-125 mg / dl menunjukkan pasien pra-diabetes. Sementara hasil tes glukosa puasa telah menunjukkan 126 mg / dL atau lebih banyak pasien yang menderita diabetes.

Tes Toleransi Glukosa
Tes ini dilakukan dengan meminta pasien untuk berpuasa dalam semalam. Pasien menjalani tes gula darah puasa. Di akhir tes, pasien diminta untuk minum larutan gula khusus. Kemudian sampel gula darah diambil untuk diminum setelah 2 jam larutan gula. Hasil tes toleransi glukosa di bawah 140 mg / dl menunjukkan kadar glukosa darah normal. Hasil tes toleransi glukosa dengan kadar gula antara 140-199 mg / dl menunjukkan penyakit prediabetes. Hasil tes toleransi glukosa dengan kadar gula 200 mg / dl atau lebih menunjukkan bahwa pasien menderita diabetes.

Tes HbA1C (tes hemoglobin terglikasi)
Tes ini dirancang untuk mengukur tingkat gula darah rata-rata pasien dalam 2-3 bulan terakhir. Tes ini mengukur kadar gula darah yang terkait dengan hemoglobin, protein yang mengangkut oksigen ke dalam darah. Dalam tes HbA1C, pasien tidak boleh berpuasa dulu. Hasil tes HbA1C di bawah 5,7% adalah normal. Hasil tes HbA1C antara 5,7 dan 6,4% menunjukkan bahwa pasien memiliki pradiabetes. Hasil tes HbA1C 6,5% menunjukkan bahwa pasien menderita diabetes.

Mengenal Penyakit Diabetes Dan Jenisnya


Tags : penyakit diabetes penyakit diabetes melitus penyakit diabetes insipidus penyakit diabetes kering penyakit diabetes apakah menular penyakit diabetes pdf penyakit diabetes tipe 2 penyakit diabetes parah penyakit diabetes menurut ustad danu penyakit diabetes melitus adalah penyakit diabetes menular tidak penyakit diabetes tipe 1 penyakit diabetes dan cara pencegahannya penyakit diabetes melitus disebabkan oleh penyakit diabetes dalam bahasa inggris penyakit diabetes melitus tipe 2 penyakit diabetes bisa sembuh penyakit diabetes menular penyakit diabetes pada anak penyakit diabetes melitus tipe 1 penyakit diabetes melitus disebabkan karena penyakit diabetes adalah penyakit diabetes akut penyakit diabetes adalah brainly penyakit diabetes apakah keturunan penyakit diabetes apa bisa sembuh penyakit diabetes ada berapa macam penyakit diabetes alodokter penyakit diabetes apa bisa menular penyakit diabetes apakah menurun penyakit diabetes apakah berbahaya penyakit diabetes akibat obat penyakit diabetes alami penyakit diabetes insipidus adalah ciri2 penyakit diabetes awal penyakit diabetes kering adalah ciri penyakit diabetes awal Mengenal Penyakit Diabetes Dan Jenisnya - Gula atau dalam bahasa ilmiah disebut sebagai glukosa ialah sebuah sumber energi utama bagi sel tubuh manusia. Dimana kadar gula dalam darah ini disetir oleh hormon insulin yang di produksi oleh pankreas, pankreas ini terletak di bagian belakang lambung.

Info lain terkait : Mengenal Penyakit Diabetes Dan Jenisnya

Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2

Perbedaan Pengobatan Diabetes 1 dan Diabetes 2 - Perawatan diabetes tipe 1 bertujuan untuk menormalkan kadar gula darah dan mencegah komplikasi. Tingkat gula darah pasien ...

Pengobatan Penyakit Varikokel Alami Tanpa Operasi

Pengobatan Penyakit Varikokel Alami Tanpa Operasi - Sebenarnya penyakit varikokel pada testis ini tidak memerlukan penanganan khusus, kecuali apabila penderita merasakan adanya rasa sakit dan ...

Pengertian Tentang Apa Itu Penyakit Bells Palsy

Pengertian Tentang Apa Itu Penyakit Bells Palsy - Penyakit Bells palsy adalah suatu kelumpuhan pada area wajah yang mengenai pada salah satu sisi otot wajah ...

Cara Paling Ampuh untuk Mengobati Rematik

Cara Paling Ampuh untuk Mengobati Rematik - Ada banyak perawatan alternatif yang diyakini mampu mengobati gejala rematik secara alami. Namun, efektivitas suplemen dan obat-obatan yang ...

Cara Mengobati Wasir Ambeien Secara Alami

Cara Mengobati Wasir Ambeien Secara Alami - Ambeien atau wasir mampu disebabkan oleh berbagai macam faktor, bisa karena mengejan terlalu keras dan terlalu lama duduk. ...