Beranda » » » Cara Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

Cara Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

08-12-2018 | Darah Tinggi,

Cara Menormalkan Tekanan Darah Tinggi - Gaya hidup sehat dan penggunaan antihipertensi dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk tekanan darah tinggi. Tingkat tekanan darah pasien dan risiko mengembangkan komplikasi seperti serangan jantung dan stroke menentukan perawatan yang harus dilakukan. Secara umum, ada dua prinsip untuk pengobatan hipertensi:

Perubahan gaya hidup Pindah ke gaya hidup yang lebih sehat dapat menurunkan tekanan darah Anda hanya dalam beberapa minggu. Gaya hidup sehat yang harus diikuti, termasuk:
Ambil diet DASH (Diet Dietary to Stop Hypertension), yaitu diet dan makan lebih banyak buah, sayuran, susu rendah lemak, biji-bijian dan kacang-kacangan dibandingkan dengan daging merah dan makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dalam kolesterol
Kurangi konsumsi garam Anda menjadi kurang dari satu sendok teh per hari.

Cara Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

Tingkatkan aktivitas fisik dan berolahraga secara teratur.
Menurunkan berat badan
Hindari atau kurangi konsumsi minuman beralkohol.
Kurangi konsumsi minuman berkafein tinggi seperti kopi, teh atau cola
Lakukan terapi relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk mengendalikan stres.

Cara-cara di atas dapat dilakukan dengan atau tanpa konsumsi obat antihipertensi. Namun, mengadopsi gaya hidup sehat awal dapat mencegah konsumsi obat antihipertensi.
Cara Menormalkan Tekanan Darah Tinggi
Penggunaan narkoba Dalam beberapa kasus, pasien dengan hipertensi harus mengambil obat seumur hidup. Namun, dokter dapat mengurangi dosis atau menghentikan pengobatan jika tekanan darah pasien dikontrol oleh perubahan gaya hidup. Penting bagi pasien untuk mengambil obat dalam dosis yang ditentukan dan memberi tahu dokter jika terjadi efek samping. Bisa juga dengan terapi relaksasi seperti yoga atau meditasi untuk manajemen stres.

Berikut Obat untuk Menurunkan Tekanan Darah

Diuretik. Obat-obatan ini berfungsi untuk menghilangkan kelebihan garam dan cairan dalam tubuh melalui urin. Jenis diuretik termasuk hidroklorotiazid.

Antagonis kalsium kalsium antagonis menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah. Contoh obat-obat ini adalah amlodipine dan nifedipine.

Beta-Blocker Digunakan untuk menurunkan tekanan darah dengan memperlebar pembuluh darah dan memperlambat denyut jantung. Contoh obat yang dikenal sebagai beta-blocker adalah atenolol dan bisoprolol.

ACE inhibitor. ACE inhibitor menurunkan tekanan darah dan membentuk dinding pembuluh darah. Contoh obat-obatan ini adalah captopril dan ramipril.

Antagonis reseptor angiotensin 2 (ARB). Fungsi obat ini mirip dengan inhibitor ACE, yang mengendurkan dinding pembuluh darah sehingga kedua obat tidak perlu diberikan pada saat yang bersamaan. Contoh obat-obatan ini adalah losartan dan valsartan.

Inhibitor Renin Obat-obat ini menghambat fungsi renin, enzim yang diproduksi oleh ginjal dan dirancang untuk meningkatkan tekanan darah. Contoh-contoh dari inhibitor renin adalah aliskiren.


Tags : cara menormalkan tekanan darah cara menormalkan tekanan darah rendah cara menormalkan tekanan darah ibu hamil cara menormalkan tekanan darah diastolik cara menormalkan tekanan darah pada ibu hamil cara menormalkan tekanan darah yang rendah cara menormalkan tekanan darah rendah secara alami cara menormalkan tekanan darah secara alami cara menormalkan tekanan darah rendah pada ibu hamil cara menormalkan tekanan darah dengan cepat cara menormalkan tekanan darah tinggi tanpa obat cara cepat menormalkan tekanan darah rendah cara untuk menormalkan tekanan darah cara menormalkan kembali tekanan darah tinggi cara menormalkan kembali tekanan darah cara menormalkan kembali tekanan darah rendah Cara Menormalkan Tekanan Darah Tinggi - Gaya hidup sehat dan penggunaan antihipertensi dapat menjadi pengobatan yang efektif untuk tekanan darah tinggi. Tingkat tekanan darah pasien dan risiko mengembangkan komplikasi seperti serangan jantung dan stroke menentukan perawatan yang harus dilakukan.

Info lain terkait : Cara Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

Pengertian Tentang Apa Itu Penyakit Bells Palsy

Pengertian Tentang Apa Itu Penyakit Bells Palsy - Penyakit Bells palsy adalah suatu kelumpuhan pada area wajah yang mengenai pada salah satu sisi otot wajah ...

Faktor Penyebab Penyakit Rematik dan Asam Urat

Faktor Penyebab Penyakit Rematik dan Asam Urat - Rematik adalah penyakit autoimun. Artinya, penyakit ini disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan tubuh yang ...

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik

Perbedaan Antara Stroke Iskemik dan Stroke Hemoragik - Stroke ialah sebuah keadaan dimana aliran darah mengalami keadaan darurat berupa pecahnya pembuluh darah ataupun bisa karena ...

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Bells Palsy

Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit Bells Palsy - Bells palsy terjadi saat sistem syaraf yang mengontrol otot pada area muka tertekan atau mengalami iritasi, penyebab tertekan ...

Gejala dan Tanda Tanda Penyakit Rematik

Gejala dan Tanda Tanda Penyakit Rematik - Gejala paling umum dari rematik adalah nyeri sendi dan kekakuan sendi, yang biasanya memburuk di pagi hari setelah ...